Rabu, 21 Januari 2009

Materi Bab 7

Mengidentifikasikan Worksheet Beserta fungsi ikon dan Menunya


Microsoft Corporation sudah mengeluarkan beberapa versi program aplikasi Microsoft Office,seperti Microsoft Office 2000/2002/2003 dan Microsoft Office XP.Pada Microsoft Office,terdapat program spreadsheet yaitu Ms.Excel.Microsoft Excel dipakai untuk melakukan pengolahan angka untuk membantu menyelesaikan pekerjaan di berbagai bidang,seperti administrasi,akutansi,perbankan,statistik,bisnis.MS Excel juga dilengkapi fasilitas hyperlink yg dapat dipakai untuk membuka dan mengaktifkan informasi yg terdapat dalam lembar kerja atau file yg beda.
Cara untuk mengaktifkan MS excel adalah :
-Klik menu start
-Pilih ikon file dengan menu
-pilih ikon dengan format.xsl
Perbedaan lembar kerja dengan buku kerja yaitu lembar kerja berisi data dan penghitungan yang dibuat sedangkan buku kerja merupakan kumpulan lembar kerja.
Menu standar MS Excel adalah :
-File
Merupakan menu yang berisi perintah-perintah yang diperlukan untuk melakukan penyisipan pada lembar kerja.
-Edit
Merupakan menu untuk mengedit lembar kerja yang telah selesai.
-View
Merupakan menu untuk melihat worksheet yang telah dikerjakan dengan berbagai cara.
-Insert
Merupakan menu untuk memasukkan data-data seperti data gambar untuk dimasukkan pada lembar kerja.
-Format
Merupakan menu yg berisi kumpulan perintah yang dipakai untuk pengolahan data pada lembar kerja.
-Tools
Tools standar terdiri dari ikon yang digunakan untuk membuka dokumen baru,menyimpan dokumen.Sedangkan tool Formatting terdiri atas ikon yg berfungsi untuk menjalankan perintah-perintah untuk mengatur format dasar.
-Data
Perintah yg digunakan untuk pengolahan data yang terdapat pada lembar kerja.
-Window
Untuk mengatur jendela kerja dari MS Excel yg sedang aktif.
-Help
Untuk Mengetahui cara cara melakukan kegiatan dengan MS.Excel
Toolbar yang tidak ditampilkan pd MS Excel Dapat dipilih melalui menu
View Lalu klik Toolbars kemudian pilih jenis toolbars yg diinginkan.

Tidak ada komentar: